Jumat, 13 Juli 2012

bbckutub.blogspot.com


Sekilas Perjalanan dan Profil Buah Batu Corps (BBC)

BBC
 Era Tahun 50-an
Pada thn 50-an sekelompok pemuda sekitar Jl. Buah Batu yang dipimpin oleh Kang Ade (Jhon Syahrir) alm, Kang Rudi alm, Kang Tosin alm, Kang Ahmad alm, Kang Ahyad alm, Kang Daace, Kang Rikrik, Kang Atang Suherman dan banyak lagi mendirikan klub kebugaran (body building) yang lagi nge-trend waktu itu yaitu BuahBatu Barbell Club (BBC).
Pusat kegiatannya di rumah keluarga AK. Djajasoepena Jl. Buah Batu No. 90, dan kemudian karena klub kebugaran ini semakin meluas tempat latihan dipindahkan ke rumah Koosnadi di Jl. Buah Batu No. 84. Saat berjayanya generasi pertama BBC yaitu mereka-mereka yang tergabung dalam BuahBatu Barbell Club, generasi kedua telah muncul ikut berkumpul dan ikut latihan. Mereka adalah Daman Hendarman, Ammi S. Jayasupena, Adang Farid, Lili Asdjudiredja, Manaf Djaenudin, Ace Aladin, Arifin, Kol (purn) Usman, Idid, Memed, KKO Harri Koesnadi (alm), Toto Koosnadi (alm), Didi Abah, Ayi Agus, Dedi Rukana, Iyus Admiral (alm), MS. Duni (alm) dan banyak lagi.

BBC Era Tahun 60-an
Akhirnya pada thn 60-an generasi kedua mendominasi kehidupan kelompok BBC dan karena alasan "sedang model" mereka berubah nama BBC dari semula BuahBatu Barbell Club menjadi BuahBatu Boys Club. Itupun didorong faktor makin meluasnya persaingan diantara kelompok-kelompok pemuda di Bandung.
Pada era BuahBatu Boys Club dinamika kepemudaan sangat tinggi karena persaingan antara kelompok sangat kuat. Pada masa jayanya BuahBatu Boys Club pengaruhnya meliputi seluruh Bandung dan bahkan meluas keluar wilayah Jawa Barat sampai keluar Jawa.
Kemudian muncul generasi ketiga BBC yang memperkuat generasi kedua. Nama-nama generasi ketiga diantaranya Babam, Rida, Dadan, Eddi, Boy, Kiki (alm), Ade Memous (alm), Dodo, Dade (alm), Freddy (alm), Dadah, Utta, Enuy, Tamsi (alm), Tonton (alm), Zoel, Pipit (alm), Anto (alm), Uce patrom, Udin Kuntung dan banyak lagi menyemarakan nama BBC dengan nama kelompok masing-masing seperti Bachelor, Phantom, Barrol, Banil, Agotax, Mellos, Baskot, Oyster, Memous, GI, Moyang, Megas sebanyak 12 kelompok pada waktu itu dan kemudian dikenal sebagai "Small Group"- nya BBC.

BBC Era Orde Baru
Dengan timbulnya pergulatan politik antara Partai Komunis Indonesia dan Anggatan Darat serta ormas-ormas Islam menggugah kelompok Mahasiswa dan Pemuda Non Komunis bergabung dalam Sekretariat Bersama Organisasi Mahasiswa Lokal (SOMAL), BBC berperan bersama anggota SOMAL Bandung, turut dalam penyusunan statemen politik yang kemudian melahirkan Angkatan '66. Pecahnya Gerakan 30 S PKI, merubah secara dramatis peran generasi kedua BBC, yaitu dengan terjun langsung dalam aksi-aksi penumbangan Orde Lama dan penumpasan PKI serta Antek-anteknya.

Pada thn 1966 kelompok-kelompok pemuda dari generasi ketiga akhirnya dibentuk dan diresmikan sebagai small group atau SG. Dan saat itu pula nama BBC berubah lagi dari Buahbatu Boys Club menjadi BUAH BATU CORPS.
Alasan perubahan yang paling prinsipil adalah meluasnya lingkungan pergaulan dan "batur ulin", dimana pengaruh BBC (sphere of influence) keluar dari faktor kewilayahan menjadi faktor jiwa korps yang tidak terbatas oleh apapun karena para generasi kedua sudah banyak meniti karier dibidang pemerintahan, pendidikan, pengusaha dan berbagai bidang kehidupan lainnya.
Inti dari kekuatan BBC adalah kekuatan batin yaitu rasa kebersamaan dan rasa penghormatan. Rasa kebersamaan dilandasi oleh kepercayaan diantara sesama dan rasa penghormatan diwujudkan dalam bentuk selalu menghormati senioritas dengan prinsip "yunior menghormati senior, dan senior menghargai yunior".

Tiga Faktor Perekat Keutuhan BBC
Dari awal berdirinya di tahun 1956 sampai sekarang inti kekuatan BBC terletak pada terpeliharanya komitmen untuk tetap menjaga keutuhan serta keselarasan antara aspek intelektual dan aspek power.
Pada kondisi sekarang ini aspek power yang dimiliki BBC diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Komitmen yang dimaksud adalah 3 (tiga) komitmen dasar perekat keutuhan, yaitu :
1. Komitmen terhadap Independensi
2. Komitmen terhadap penghormatan kepada senior dan penghargaan kepada yunior
3. Komitmen untuk taat dan patuh kepada Keluarga Besar dengan saling percaya dan saling menjaga
Ketiga komitmen dasar itulah yang menjadi integritas dan perekat bagi keutuhan BBC. Keluarga Besar BBC adalah rumah bersama, mereka yang merasa memiliki BBC adalah mereka yang tetap menghormati dan menjungjung tinggi ketiga komitmen itu. Sekalipun didalam kehidupan mereka sehari-hari mereka menjadi aktifis diberbagai partai politik, tetap saja rumah mereka adalah BBC, tanpa membawa gerbong BBC yang Independentuntuk tujuan politiknya.




Diposkan oleh BUAH BATU CORPS [BBC ]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar